Jika Anda menggunakan printer berjenis dotmatrik (Memakai pita), biasanya kabelnya menggunakan kabel LPT. Namun jika Anda menggunakan kabel USB, berikut ini cara mensettingnya.

1. Masuk ke Control Panel windows Anda dan masuk ke menu Devices and Printers / Printers and Faxes. Beda versi windows, biasanya beda nama menunya (disini kami memberi contoh menggunakan Windows 7), intinya menu untuk mensetting printer yang terhubung ke PC/Laptop Anda.

2. Kemudian, klik kanan printer dotmatriknya. Disini kami memberi contoh printer EPSON LX-300+/II. Pilih yang Printer Properties.

Tampilan klik kanan printer
Tampilan klik kanan printer

3. Intinya disini, Anda diminta untuk mensharing printer Anda. Setelah klik Printer Properties, akan muncul jendela baru, masuk ke tab Sharing. Jika printer Anda belum di sharing, maka tampilannya kurang lebih akan seperti ini.

Tampilan sebelum di sharing printer
Tampilan sebelum di sharing printer

4. Klik saja Change Sharing Option. Jika setelah itu muncul pilihan, pilih saja Just enable printer sharing. Maka tampilannya berubah seperti ini kurang lebih.

Tampilan sharing printer
Tampilan sharing printer

5. Lalu centang / klik kotak Share this printer. Maka akan muncul nama default sharing printernya seperti gambar dibawah ini contohnya.

Contoh tampilan default sharing printer
Contoh tampilan default sharing printer

6. Selanjutnya silahkan edit / hapus nama sharing printer tersebut dan ubah namanya menjadi "epson" (tanpa tanda petik)

Tampilan edit nama sharing printer
Tampilan edit nama sharing printer

7. Lalu klik saja tombol OK yang ada dibawah. Maka otomatis tampilan printer Anda akan berubah seperti ini kurang lebih, yang tandanya bahwa printer Anda telah berhasil disharing.

Contoh tampilan setelah printer di sharing
Contoh tampilan setelah printer di sharing

8. Sharing printer sudah, sekarang buka aplikasi MitraBayar, masuk ke Setting Parameter. Pilih jenis printernya yang DOTMATRIK. Lalu klik OK. Dan silahkan dicoba untuk bertransaksi atau cetak ulang.

Tampilan menu Setting Parameter
Tampilan menu Setting Parameter

 

Jika ada yang kurang faham atau menemui kendala dalam proses langkah-langkah diatas, silahkan bisa menghubungi kami di kontak-kontak yang telah tersedia. Terimakasih.

Catatan: Langkah-langkah diatas hanya contoh. Karena bisa jadi pada PC/Laptop Anda tampilannya tidak sama persis dengan tampilan yang kami contohkan diatas. Namun intinya sama.